« »

Antara Perawang dan Pelalawan


Pagi-pagi kami langsung berangkat dari hotel di Pekanbaru. Sekaligus check-out. Tapi Mas Etiko gak ikut karena ada janji ketemu ama Kakanwil BPN Riau. Tapi dia melepas alias memberangkatkan rombongan kami di lobby hotel. Kami pake dua mobil double cabin ala mobil proyek.:) Setelah muter-muter sebentar di Pekanbaru, kami pun langsung menuju Pelalawan dan Tembilahan. Di pedalaman Riau.....
.
.
Di Pelalawan kami mendatangi Metering/Regulating Station (M/RS) di wilayah PT RAPP (Riau Andalas Pulp and Paper). Sedangkan di Perawang, kami mendatangi M/RS di wilayah PT IKPP (Indah Kiat Pulp & Paper). Jadi, PT IKPP di Kabupaten Siak dan PT RAPP di Kabupaten Pelalawan. Keduanya adalah pelanggan PGN. Kedua-duanya pabrik kertas yang berbahan baku pohon. Kedua-duanya juga punya wilayah konsesi perkebunan yang luas.
.
PT RAPP ini merupakan perusahaan milik Asia Pacific Resources International Limited (APRIL) yang didirikan tahun 1992. Masih masuk grup Raja Garuda Mas (RGM). Selain bergerak dalam industri pulp dan kertas, RAPP juga mempunyai konsesi hutan tanaman industri (ya iyalah, untuk menjamin pasokan), sebagai sumber pasokan bahan baku industrinya. Bahan bakunya itu adalah pohon akasia. Tapi suasana di daerah itu sepi. Seperti lesu darah. Yang rame cuma di daerah penyebrangan ferry aja. Aku gak tau apakah memang begini seharusnya. Lagipula, aku baru pertama kali ke sini.
.
.
Jalannya berliku dan banyak naik turunnya. Bahkan kami melewati sungai Siak pake ferry penyebrangan. Aku gak tau nama ferry itu, tapi di atasnya ada tulisan "L&M T Zamrud Operation" Seru tapi perut jadi gak enak.:) Untunglah, di daerah tembilahan , yaitu di Perawang, kami pun mampir makan siang. Tempatnya di Restaurant Simpang Jaya.
.
.
Pas udah sore, kami pun buru-buru pulang ke Pekanbaru. Soale pesawatnya berangkat sore balik ke Jakarta. Tapi kami sempat kok mampir lagi ke kantor PGN Pekanbaru. Tak lupa mampir juga ke warung duren yang berada di sampingnya.:)
.
.

by Sahat Parlindungan Simarmata - www.sahatsimarmata.com
.
Cetak halaman ini (Print this page) ....

17 komentar:

  1. wah, bapak hobi banget yagh jalan2. sudah pernah ke sulawesi selatan gak ?.
    kalau mau tau tempat wisata alam terspektakuler disul-sel datang ke blog ku aja. salam lestari alam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam ....protech...sy bapak nordin dari malaysia. ..mau tanya...apa yg ada di makassar. ..bapak mau kesana suatu hri nnti tapi..tidak tahu kemana...dan tiada saudara mara di sana...utk bertanya...apa pro tech bolih membantu memberikan information. ..

      Hapus
  2. Blog nya lengkap yah
    tinggalnya di daerah Sumatra ya?
    mampir ke Lampung yuks...kebetulan tanggal 25 Mei 2012 ini ada Lampung Fair Loh

    BalasHapus
  3. wah.. enaknya jalan2..
    jadi pengen jalan2..... :D

    BalasHapus
  4. pengen deh jalan2.. yang deket dari jakarta kemana yaaa.. bosen puncak bandung carita mulu dah...

    BalasHapus
  5. Meninggalkan jejak dari Lampung nih...
    lam kenal

    BalasHapus
  6. Brp jam perjalanan dari Pekanbaru ?

    BalasHapus
  7. Selamat menikmati perjalanan... Salam kenal

    BalasHapus
  8. Salam kenal :)
    Just share info, ada blog competition nih, nge-Blog traveling skaligus dapat hadiah, total hadiah 12 juta ;) Bisa cek langsung ya ke link berikut bit.ly/11IwgXv

    BalasHapus
  9. jalan2 memang asyik.. mari jalan2 bersama Maheswara Tour

    Salam Kenal

    BalasHapus
  10. pekan baru i will come to you ... jalan jalan lagii........

    BalasHapus
  11. wah jalan-jalannya sungguh keren
    mantap pak

    BalasHapus
  12. maaf pak Simarmata dikoreksi sedikit, tembilahan dan perawang itu dua kota kecil yg berjauhan lokasinya sekitar 10 jam jarak antara kedua kota kecil tersebut, perawang terletak di kabupaten siak tempat IKPP berada, dan Tembilahan terletak di kabupaten Indragiri Hilir.

    BalasHapus
  13. maaf sedikit koreksi. IKPP terletak di Perawang Kab.Siak, kalo Tembilahan itu berada di Kab.Indragiri Hilir sekitar 8 jam perjalanan dari Pekanbaru

    BalasHapus
  14. pengen ke pekanbaru.

    Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus

Buku Tamu (Guestbook) :