« »

Serba Serbi Makassar

Kota Makassar yang pernah dikenal sebagai Ujungpandang atau Ujung Pandang (dari tahun 1971 s.d. 1999) adalah sebuah kotamadya dan sekaligus ibu kota provinsi Sulawesi Selatan. Kotamadya ini adalah kota terbesar di Indonesia Timur atau terbesar keempat di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya, dan Medan. Makassar dikenal mempunyai Pantai Losari yang indah. Kota ini akan merayakan ulang tahunnya setiap tanggal 9 November dan ulang tahun yang ke-400 dirayakan pada 9 November 2007 yang lalu.....
.
Secara geografis, Makassar terletak di pesisir barat daya pulau Sulawesi, menghadap Selat Makassar. Jadi, posisi kota Makassar itu berbatasan Selat Makassar di sebelah barat, Kabupaten Kepulauan Pangkajene di sebelah utara, Kabupaten Maros di sebelah timur dan Kabupaten Gowa di sebelah selatan. Kalo koordinat letaknya di globe sih pada 5°8′ LS 119°25′ BT. Sehingga kota Makasar termasuk zona Waktu Indonesia bagian Tengah (WITA). Sedangkan kode telepon interlokal untuk kota ini adalah 0411
.
Kota ini termasuk kota kosmopolis, banyak suku bangsa tinggal di sini. Di kota ini ada suku Makassar, Bugis, Toraja, dan Mandar. Di kota ini ada pula komunitas Tionghoa yang cukup besar. Makassar memiliki wilayah seluas 175,77 km² dan penduduk sebesar kurang lebih 1,25 juta jiwa. Orang Makassar terkenal sebagai pelaut, maka tak heran kalo motto kota Makassar adalah 'Sekali Layar Terkembang, Pantang Biduk Surut Ke Pantai'.
.
.
Kota Makassar dibagi kepada 14 kecamatan dan 143 kelurahan. Kecamatan-kecamatan tersebut adalah: Biring Kanaya, Bontoala, Makassar, Mamajang, Manggala, Mariso, Panakkukang, Rappocini, Tallo, Tamalate, Tamalanrea, Ujung Pandang, Ujung Tanah, dan Wajo.
.
Kota Makassar mempunyai sebuah bandara internasional, Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin, yang pada tanggal 4 Agustus 2008 resmi dioperasikan. Arsitektur bandara ini mengambil konsep kapal pinishi. Bandara Hasanuddin juga memiliki taksi khusus Bandara dengan harga yang bervariasi sesuai dengan region dari daerah yang di tuju serta Shuttle bus khusus yang melayani jalur dari dan ke bandara baru.
.
Di kota Makassar terdapat sekitar 6000 bus mini atau juga dikenal dengan sebutan pete-pete yang menjadi komuter utama di kota ini. Jumlah pete-pete di kota ini seringkali dianggap terlalu banyak mengingat kota ini hanya membutuhkan sekitar 3000 pete-pete. Sudah mirip Bogor, si Kota Seribu Angkot. Hal ini berarti terdapat 2 pete-pete untuk seorang komuter. Biaya Rp.1500,- untuk orang dewasa dan Rp.1100,- untuk pelajar.
.
Sedangkan bus pada umumnya hanya digunakan untuk transportasi dalam skala besar dan bus tidak bersifat publik di dalam kota. Pada umumnya untuk skala antar kota. Kini Angkutan tersebut dikonversi menjadi Bus Way. Pemerintah akan membangun infrastruktur tersebut mulai tahun 2008.
.
Taksi adalah komuter paling eksklusif di kota ini. Bagus-bagus. Saat ini Makassar sudah memiliki 7 perusahaan taksi baik yang dikelola oleh pmerintah setempat atau pun oleh swasta. Diantaranya ada Bosowa, Putra, dll.
.
Makassar juga terkenal dengan angkutan tradisional becak. Jumlahnya sendiri mencapai 1.500 unit. Ada becak motor juga lho, kayak di Sumatra Utara dan Gorontalo. Pemerintah setempat memberlakukan becak untuk pariwisata. Khusus beroperasi disekitar kawasan wisata saja. Tarifnya tergantung kesepakatan dengan penggayung. Oleh karena itu Makassar juga biasa disebut dengan kota 'DAENG' yang artinya panggilan terhadap orang yang lebih tua. Tapi bukan kota 'KRATINGDAENG'.:)
.
Untuk mengatasi lalu lintas yang makin padat di dalam kota Makassar, maka saat ini telah terbangun jalan tol yang diberi nama Jalan Tol Reformasi yang menghubungkan bagian timur kota Makassar dengan pelabuhan Makassar. Pada tahun 2007 telah mulai pula dibangun jalan tol yang menghubungkan Bandara International Hasanuddin dengan pusat kota Makassar dan juga sementara dilaksanakan pembangunan jalan lingkar yang selain menghubungkan Bandara Hasanuddin dengan kota Makassar juga menghubungkan kawasan-kawasan pergudangan dan pabrik. Selain itu Makassar juga sedang melakukan pelebaran jalan untuk mengatasi kemacetan terutama di kawasan pegudangan [KIMA].
.
.
Makanan khas Makassar adalah coto Makassar, Roti Maros, Kue Tori', Palabutung, Pisang Ijo, Otak-otak, Sop Saudara (hmm, yummy) dan Sop Konro. Kalo minuman sih ada Markisa Makassar. Sedangkan obat kuat khas disini terkenal adalah Sanrego (labelnya ada gambar kuda berdiri sambil meringkik, hehehe).
.
Sedangkan tempat-tempat tujuan wisata di kota Makassar ini adalah: Pantai Losari, Fort Rotterdam, Pantai Akarena, Pulau Laelae, Pulau Khayangan, Pulau Samalona, Benteng Sombaopu, Pantai Barombong, Makam Raja-Raja Tallo, Makam Sjekh Jusuf (Gowa), Pelabuhan Rakyat Paotere, dan Taman Makam Pahlawan.
.
Selain tujuan wisata itu, terdapat juga beberapa bangunan penting fasilitas kota Makassar, yaitu : Celebes Convention Centre, Bandara Internasional Hasanuddin, Pelabuhan Soekarno-Hatta, Gereja Kathedral, Masjid Al-Markaz Al-Islami, Masjid Raya, dan Kelenteng Kwangkong.
.
Terakhir, kota satelit Makassar yang saat ini giat dikembangkan adalah Tanjung Bunga.
.
Apabila Anda ingin tahu lebih lanjut tentang Kota Makassar tersedia beberapa situs, yaitu : Makassar Kota (situs resmi pemerintah kota), Makassar Terkini, Berita Kota Makassar, dan Kota Makassar.
.

Photos Slide : Serba Serbi Makassar
.

by Sahat Parlindungan Simarmata - www.sahatsimarmata.com
.
Cetak halaman ini (Print this page) ....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Buku Tamu (Guestbook) :